Resume ke- :
20
Gelombang :
28
Hari / tanggal
: Rabu, 22 Februari 2023
Tema
: Pemasaran Buku
Nara sumber :
Agus Subardana. SE. M.M
Moderator
: Purbaniasita KS. S. Pd
Bismillahirrahmaanirrohiim Puji syukur kita panjatkan
kepada Allah yang telah memberikan berbagai macam nikmat. Solawat dan salam
semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad
saw kepada keluarganya, para sahabat, para tabiin dan kepada umatnya
yakni kita semua. Semoga peserta KBMN PGRI gelombang 28 tetap sehat walafiat
bisa menjalankan rutinitas tugas yakni membuat resume dengan lancar aamiin.
Kelas KBMN malam ini diselenggarakan dengan belajar
Daring Via WA Goup dimulai tepat pukul 19.00 WIB. Yang bertindak sebagai
moderator Ibu Purbaniasita KS yang akrab dipanggil Ibu Sita. Nara sumber pada
kesempatan ini Bapak Agus Subardana panggilan akrabnya Agus. Materi yang akan
dibahas “Pemasaran Buku”.
Bapak ibu mari kita buka acar dengan berdoa sesuai
dengan kepercayaannya masing, mengawali kegiatan ini moderator membacakan
kalimat dari sahabat Nabi yaitu dari Sayidina Ali bin Abi Thalib RA yang
berbunyi "Semua orang akan mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu
yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak.”
Seperti yang kita ketahui bersama buku merupakan muara
akhir dari sebuah proses penulisan. Hasil tulisan kita tentu saja ingin
bermuara menjadi sebuah buku, tetapi setelahnya bingung bagaimana cara
memasarkan buku yang sudah di cetak.
Malam ini, saya akan menemani Bapak/Ibu yang hebat dan
tangguh untuk belajar bersama kepada seorang nara sumber hebat dengan segudang
pengalaman dalam penerbitan buku.
*Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI
*Selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan
*Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala Jakarta
*Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan beliau
Beliau bernama Bapak Agus Subardana S. E., M. M
Bapak ibu peserta KBMN yang hebat langsung saja kita
simak bersama paparan materi dari naras sumber kita Bapak Agus. Selamat malam
bapak ibu ada pantun
Pantun 1
Singgah sebentar di rumah kerabat
Meminta buah apel dan Pisang Banana
Untuk hadirin Bpk Ibu Guru yang hebat
Salam hormat dari saya Agus Subardana
Pantun 2
Jangan ngebut kalau naik sepeda motor
Dari Kota Jogja membawa buah mengkudu
Terimakasih kepada moderator
Izinkan saya menyampaikan srategi pemasaran buku
Setelah membacakan 2 pantun berikutnya bapak ibu langsung
kemateri
Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan
sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak
– anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam
terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas
dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong
kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun
budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan
meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi
pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan
Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang
maksimal maka kita perlu strategi
pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha,
intreprenur yang menjalankan bisnis.
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi
oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis-
jenis buku yang di terbitkan. Jenis-jenis buku yang di terbitkan tersebut
dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset
menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku
( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi, Novel, Buku
Pengembangan Diri, Buku Teks dan lain-lain).
Dari jenis-jenis katagori buku tersebut disinilah kita
akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang
diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan
berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .
Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang
meliputi :
1. Faktor
Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor
Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial budaya.
Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku
yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro
dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri
Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan
buku lebih dari 20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32
katagori.
Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan
menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan
strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro
dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan
secara singkat sebagai berikut :
Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
a. Pemasaran
buku lewat Online
Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau gak
mau kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital
seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive
jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu iklan dengan
brosur dan baliho besar ada dimana mana,
sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan
adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita.
Penerbit ANDI
saat ini penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah
digital marketing.
Digital
marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau
internet.
Jenis-jenis
digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara
lain :
2. Search
Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet
untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian
membeli produk yang kita tawarkan.
3. Search
Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin
pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital
yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin
pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
4. Social media
marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan
pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa
platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Kadang - kadang supaya lebih menarik Salah satu metode
promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat
pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh
untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang
saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh
lebih mudah.
Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik
perhatian :
Pantun 1 :
Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya
Pantun 2 :
Liburan ke pulau Bali
Jangan lupa datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko online kami
Barangnya cuma setengah harga
Pantun 3 :
Kamu jadian sama si dia
Padahal aku sudah menyukaimu
Kita toko online terpercaya
Siap menjual barang paling bermutu
5. Email
Marketing. strategi marketing yang satu
ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6. Instant messaging marketing bisa menjadi
pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara
online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan
penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger
lainnya.
7. Influencer
Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan
pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan
atau ditawarkan oleh seorang influencer.
8. Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran
digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami
gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
9. Penerbit
Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI,
Pemasaran melalui channel Youtube juga
dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama
di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui
layanan live streaming.
Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai
dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah
jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan
lewat komunitas akan lebih efektive dan
efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita
tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas
serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar ,
Mahasiswa dll
Strategi pemasaran buku serangan darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam
penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka
cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi
telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga
pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita
kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan
mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku
di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut ,
hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi
dan tempat yang berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store,
Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai
sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan
dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko
buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi
penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya
masih manual .
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih
dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual /
konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi
Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan ,
antara lain :
- Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
- Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dan lain-lain )
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal toko buku modern tersebut.
2. Direct Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan
berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis katagori buku
penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu
:
- Buku
Pendidikan (buku mata pelajaran utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
- Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka
kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan
menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga
Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya
masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan
langsung ke tiap sekolah
- Kunjungan
langsung ke setiap kampus
- Kunjungan
langsung ke setiap perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan daerah dan
lain-lain.
- Dengan
kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun
hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dan
lain-lain.. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat
3. Melakukan
Event- Event
Aktive dalam melakukan event-event seperti event pameran buku, dalam seminar,
workshop, tryout, dan sebagainya.
Demikian yang dapat saya sampaikan strategi pemasaran
buku secara singkat , dan masih banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus
berkembang.
Baik saya tutup
dengan dua buah pantun
Pantun 1
Manis kehidupan
adalah rupa ujian
Hatilah yang harus selalu sadar menempatkan.
Jenis tulisan adalah cara penyampaian.
Pilihlah yang membuatmu merasa nyaman
Pantun 2
Mengais pinta kadang terasa naif.
Memelas ampunan sering hanya saat diuji saja.
Menulis adalah tindakan kreatif.
Kreativitas adalah proses panjang bak menempa baja.
Pantun 3 ini pantun titipan Ibu Desi
Melempar batu di jembatan gantung
Kaki melangkah di atas tali
Memasarkan buku janganlah bingung
Hubungi saja Penerbit ANDI
Sesi terakhir sesi tanya jawab pertanyaan P1 datang
dari
Endang Ratna Juwita
Asal Bogor.
pertanyaan:
1.Apa yang harus kita lskukan /persiapkan agar buku
kita bisa di pasarkan?
2.Jenis buku seperti apa yang banyak peminatnya?
3.Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada
minat beli pembaca?
Terima kasih Pak.
Komentar
Posting Komentar